Nyeri Lutut

Lutut

Lutut merupakan salah satu sendi terbesar pada tubuh manusia dengan kemampuan gerak yang rumit. Sendi lutut terbentuk dari tiga buah tulang, yaitu tulang paha (femur), tulang kering (tibia), dan tempurung lutut (patella) dengan tulang pada sisi luar tulang kering (tibia). Pada sisi atas tibia terdapat bantalan tulang (meniscus) yang merupakan area kontak bagian tulang rawan femur. Agar dapat membentuk sendi, seluruh tulang tersebut tersambung dengan beberapa jaringan lunak seperti tendon dan otot serta ligamen yang menjaga stabilitas sendi.

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Penyebab nyeri lutut biasanya terkait pada masalah umur (akibat pengapuran/osteoartritis), cedera, atau pemakaian yang berulang (overuse)

Pengapuran (osteoartritis) terjadi akibat cedera sebelumnya atau peradangan yang menyebabkan lapisan sendi menjadi rusak dan tipis. Peradangan tersebut menyebabkan rasa nyeri, bengkak, lutut tampak bengkok, dan gerakan menjadi kaku (contoh: tidak bisa jongkok).

Bila nyeri tidak hilang dengan obat atau fisioterapi dan pada foto x-ray/ronsen sudah tampak kerusakan tulang, maka dokter spesialis bedah ortopedi bisa menyarankan tindakan pelapisan sendi.

Specialists

Sed ut perspiciatis, unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam eaque ipsa, quae ab illo inventore veritatis et quasi architecto beatae vitae dicta sunt, explicabo. nemo enim ipsam voluptatem, quia voluptas sit, aspernatur aut odit aut fugit.

Hipokrats © 2024. All Rights Reserved.